Halang Rintang

Semua Pengetahuan Ada Disini

Elektronik

Panduan Memilih Laptop Gaming yang Berkualitas

MEMILIH LAPTOP GAMING

Memilih Laptop Gaming yang Berkualitas. Di masa kini, laptop untuk gaming semakin memiliki pangsa pasar yang besar. Banyak perusahaan laptop pun  bersaing memproduksi laptop dengan spesifikasi yang mumpuni. Bukan hanya itu saja, saat ini laptop gaming juga banyak digunakan untuk turnamen game. Maka tidak heran bila peminat dari laptop gaming terus bertambah dari waktu ke waktu.

Hal ini mendorong permintaan akan laptop gaming terus meningkat di berbagai toko online dan juga ritel. Barangkali, kamu sebagai peminat laptop gaming bingung untuk menentukan pilihan karena banyaknya laptop dengan merk, spesifikasi serta harga yang berbeda-beda. Maka dari itu, di sini kami akan memberikan panduan untuk memilih laptop gaming yang berkualitas, diantarnya sebagai berikut:

1. Sesuaikan dengan Budget

Sebelum memilih laptop gaming, kamu harus mempersiapkan dananya terlebih dahulu. Kamu tentu tahu bahwa untuk membeli laptop memerlukan budget yang tidak sedikit. Umumnya, harga laptop gaming mencapai lebih dari 10 juta. Jika kamu belum mempunyai uang sebanyak itu, lebih baik menabung saja terlebih dahulu.

Namun, jika budget bukan suatu kendala bagi kamu, maka poin yang satu ini tidak perlu kamu khawatirkan. Hal ini karena kamu pasti mampu membelinya tanpa perlu memperhitungkan harga.

2. Cermati Tipe VGA

Panduan berikutnya dalam memilih laptop gaming, adalah dengan mencermati tipe VGA yang ada pada laptop tersebut. Poin yang satu ini jangan sampai terabaikan karena ini sangat penting. kamu tidak harus berfokus pada memori VGA atau VRAM-nya. Walaupun VRAM juga penting, namun VRAM lebih berimbas pada desain grafis, bukan game-nya

3. Prosessor yang Digunakan

Ketika memilih laptop gaming, terkadang banyak orang yang tidak terlalu mempertimbangkan prosessornya. Padahal, prosessor memegang peranan yang cukup penting sebagai penunjang bermain game. Hal ini dikarenakan prosessor yang diproduksi zaman sekarang sudah menyatu dengan grafis. Hal ini membuatnya mampu beroprasi secara bergantian dengan kartu grafis yang terdapat di laptop.

4. Periksa RAM pada Laptop

memilih laptop gaming

Di masa sekarang, hampir semua game memerlukan RAM yang sangat besar, paling tidak minimal 4 GB. Namun, game dengan kualitas terbaik umumnya memerlukan RAM sebanyak 8 GB. maka dari itu, pilihlah laptop gaming dengan RAM minimal 8 GB. Jika mempunyai budget lebih, kamu bisa juga memilih laptop gaming dengan RAM 16 GB.

Apabila dana yang kamu punya terbatas, 4 GB saja sudah cukup. Akan tetapi sediakanlah memori tambahan untuk berjaga-jaga jika RAM yang kamu perlukan masih kurang.

5. Perhatikan Desain Laptop

memilih laptop gaming

Desain merupakan hal yang penting dan harus dipertimbangkan saat memilih laptop gaming, mengapa demikian? Sebab, walaupun spesifikasinya tinggi namun desainnya tidak baik, maka kamu pasti cenderung kurang puas.

Perhatikanlah desain laptop tersebut dan cari tahu bobot serta dimensinya. Apabila kamu orang yang senang bepergian, maka carilah laptop gaming yang memiliki desain tipis agar mudah dibawa ke mana-mana. Lalu, apabila kamu lebih sering menghabiskan waktu di rumah, laptop dengan berat yang standar tidak masalah untuk kamu pilih.

6. Periksa Media Penyimpanannya

memilih laptop gaming

Sebelum memilih laptop gaming, pastikan dulu tipe penyimpanan yang kamu butuhkan. ada dua tipe penyimpanan pada laptop gaming, yakni SSD (Solid State Drive) dan HDD (Hard Disk). Tipe SSD mempunyai kinerja yang cepat dan sangat nyaman digunakan bermain game. namun kapasitas dari tipe SSD cenderung lebih kecil. Jika ada kapasitas yang besar, tentu harganya sangat mahal.

Sedangkan tipe HDD kinerjanya lebih lambat, akan tetapi kapasitasnya cukup yang besar. Jadi, apabila game yang kamu mainkan tidak terlalu memerlukan kapasitas yang besar, maka pilihlah tipe SSD. Sebaliknya, jika game yang kamu mainkan mempunyai file besar, maka tipe HDD bisa menjadi pilihan yang paling tepat.

Demikianlah pembahasan terkait panduan memilih laptop gaming yang berkualitas. Pastikan untuk mengikuti poin-poin di atas agar laptop pilihan kamu tidak mengecewakan di kemudian hari. Jika kalian merasa belum puas kalian bisa mengunjugi link ini halangrintang.com

Leave a Reply

Theme by Anders Norén