Semua Pengetahuan Ada Disini

Pengetahuan

Menggali Lebih dalam Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online

Bisnis online di zaman sekarang tidak bisa dipandang sebelah mata. Bisnis online ini merupakan sebuah inovasi yang dimana seorang penjual dan pembeli bisa melakukan transaksi legal, tanpa adanya kontak langsung atau tatap muka. Bisinis online ini hanya memerlukan Smartfone dan Kuota saja untuk menjalankannya.

Di zaman modern seperti ini, bisnis online sangat digandrungi oleh kaum milenials karena pengoperasiannya sangat mudah dan bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Kita harus bersyukur karena dilahirkan di negara kita Indonesia. Mengapa demikian? karena Indonesia adalah pengguna social media atau keaktifan pengguna Internet terbesar. Kita bisa lihat tahun ini saja pengguna internet di Indonesia ada 64% dari jumlah penduduk Indonesia, yakni 175,4 juta orang dari 272,1 juta penduduk Indonesia yang menggunakan Internet.

Bisnis Online ini memiliki banyak kelebihan yang bisa kita dapat tetapi juga jika kita tidak tahu atau kurang pengetahuan tentang bisinis ini maka kita akan mendapatkan beberapa resiko yang bisa membuat kita merugi.

Berikut ini beberapa kelebihan dan kelemahan bisnis online 

Kelebihan bisnis online :

bisnis online

1. Pembeli tidak ada batasan waktu dan asal negara

Pembeli tidak ada batasan waktu dan asal negara, maksudnya yaitu :

  • Pembeli bisa melakukan transaksi kapan pun dan jam berapapun yang dia inginkan.
  • Seorang pembeli tidak ada batasan negara jika dia ingin membeli barang lewat online shop. Contohnya : Seorang pembeli asal Brazil ingin membeli Hp di Indonesia maka dia bisa melakukannya dengan menggunakan media onlie shop saja.

Oleh karena itu, bisnis online sangat banyak digemari oleh para pedagang yang ingin memasarkan barangnya hingga luar negeri.

2. Tidak perlu modal besar

Jika kamu ingin menjalani bisnis onlie ini, kamu tidak perlu menggunakan modal yang besar. Yang kamu butuhkan hanyalah Handphone, Kuota dan Barang yang kamu jual saja.

Untuk mendapatkan pembeli kamu bisa mempromosikan barang-barang kamu melalui Facebook,Instagram,E-Commerce dan berbagai media social lainnya.

3. Bisa Dikerjakan Kapan Saja

Bisnis Online ini tidak mengharuskan kamu memiliki kantor dan pakaian seragam, dengan rebahan pun kamu bisa melakukan bisnis online tersebut.

Bisnis ini tidak memiliki jam kerja, kamu bisa melakukannya di jam kapanpun yang kamu mau bahkan jam 12 malam pun bisa kamu lakukan.

4. Bisa Melayani Pembeli Dimanapun

Kamu bisa melayani pembeli dimanapun bahkan saat kamu sedang liburan pun bisa. Yang kamu butuhkan hanyalah kuota internet untuk membuka aplikasi yang kamu gunakan untuk menjual barang secara online tersebut.

5. Pembayaran sangat mudah

Dengan bisnis ini pembeli bisa melakukan pembayaran sangat mudah yaitu bisa dengan transfer uang melalui bank ataupun bisa juga membayar melalu aplikasi yang disediakan oleh penjual.

Kelemahan Bisnis Online :

1. Mahalnya Ongkos Kirim

Ogkos kirim ini membuat para pembeli banyak mengeluh karena harganya yang sangat mahal. Ongkos kirim untuk keluar pulau saja bisa mencapai 30.000 bahkan lebih dari itu.

Oleh karena itu banyak pembeli lebih memilih membeli secara langsung dibadingkan secara online.

2. Kepercayaan Pembeli

Memperoleh kepercayaan pembeli ini sangatlah penting, karena dengan memperoleh kepercayaan tersebut maka rating toko kamu di olshop akan naik dan bisa mendatangkan para pembeli baru untuk toko yang kamu miliki.

Mendapatkan kepercayaan ini tidaklah mudah kamu harus pintar dalam merespons permintaan para pembeli dan jika sudah mendapatkan kepercayaan tersebut kamu harus benar-benar menjaganya.

3. Koneksi Internet

Kelemahan bisnis online selanjutnya adalah terkendalanya internet dari sang pembeli, karena koneksi internet yang tidak baik ditempat pembeli maka pembeli yang tadinya ingin membeli di toko online kamu jadi tidak jadi dan lebih memilih membeli barangnya di pasar langsung.

4. Persaingan dengan Toko Lain

Sama dengan pasar langsung di pasar online pun kamu memiliki persaingan dengan toko lain. Jika kamu ingin memenangkan persaingan tersebut kamu harus terlebih dahulu memenagkan 3 faktor yaitu : harga barang, kualitas barang dan pelayanan terhadap pembeli.

5. Rasa Sabar Yang Tinggi

Kelemahan bisnis online terakhir adalan rasa sabar. Di bisnis ini kamu harus memiliki rasa sabar yang tinggi karena banyak pembeli yang bertanya ” barang ini ada atau tidak, ukuran ini ada atau tidak, dan masih banyak pertanyaan lainnya, ” ketika kamu membalasnya terus menerus namun si pembeli tersebut tak kunjung memesan barang tersebut, jadi kamu sebagai penjual diharapkan super sabar menghadapinya. 

Jika kamu mengalami masalah tersebut ingat kata-kata ini  ” Badai Pasti Berlalu 🙂 .

Jika kalian ingin membaca artikel Inspiratif, Tutorial, Spesifikasi Hp lainnya di blog ini kalian dapat mengunjungi link berikut :  Halangrintang.com

 

 

 

 

Leave a Reply