Semua Pengetahuan Ada Disini

Kesehatan

CARA MENURUNKAN TEKANAN DARAH TINGGI

cara menurunkan tekanan darah tinggi

Cara menurunkan tekanan darah tinggi – Tekanan darah tinggi atau yang bisa kita sebut hipertensi, merupakan kondisi kronis yang di mana tekanan darah pada dinding arteri mengalami peningkatan. Darah tinggi dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti gaya hidup, keturunan/genetik, bahkan bisa disebabkan oleh keduanya. Jangan sekali-kali kita menyepelekan hipertensi karena bisa menjadi sangat berbahaya jika tidak cepat ditangani. Hipertensi ini dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke.

Kita bisa mengetahui tekanan darah kita dengan cara mengukur tekanan darah di puskesmas terdekat. Jika kalian mengidap hipertensi yang disebabkan oleh faktor keturunan, biasanya kalian harus mengonsumsi obat tertentu dari dokter untuk bisa menurunkan tekanan darah kalian. Tetapi, jika tekanan darah kalian disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat maka yang harus dilakukan adalah mengubah gaya hidup kalian yang tadinya tidak sehat menjadi lebih sehat.

cara menurunkan tekanan darah tinggi

Jika kalian memeriksa tekanan darah kalian, lalu tekanan darah kalian 140/90 mmHg maka tekanan darah kalian adalah tinggi. Karena normalnya tekanan darah seseorang hanya berkisar antara 90/60 mmHg sampai 120/80 mmHg. 

Dibawah ini adalah cara menurunkan tekanan darah tinggi

1 . Rajin Olahraga

Rajinlah berolahraga karena banyak manfaat bagi tubuh. Salah satu manfaatnya yaitu bisa menghambat terkena hipertensi atau bisa menjaga tekanan darah orang yang sudah terkena hipertensi. Lakukanlah olahraga seperti jalan, jogging, bersepeda, berenang, atau bahkan menari. Lakukan olahraga itu secara teratur, setidaknya 30-40 menit sehari dalam satu minggu.

2. Jangan banyak mengkonsumsi garam

Apakah anda tahu bahwa salah satu penyebab terjadinya tekanan darah tinggi adalah karena mengkonsumsi garam yang terlalu banyak atau berlebihan. Kalian harus mengurangi mengkonsumsi garam, kurangilah mengkonsumsinya sekitar satu sendok teh garam per hari karena itu bisa membuat perbedaan tekanan darah pada diri anda.

3. Makan-makanan sehat

Pilihlah makanan yang sehat bagi tubuh seperti biji-bijian, buah-buahan, sayuran dan susu rendah lemak dan kolesterol. Karena dari makananlah kesehatan tubuh kita bisa terjaga.

4. Berhenti merokok

Apakah anda tahu bahwa salah satu penyebab hipertensi adalah dari rokok. Karena disetiap batang rokok yang kita hisap dapat meningkatkan tekanan darah pada tubuh. Maka dari itu berhentilah merokok sebelum rokok menghentikanmu.

Demikianlah artikel tentang ” Cara Menurunkan tekanan darah tinggi ” Jika kalian merasa belum puas kalian bisa mengunjugi link ini halangrintang.com

Leave a Reply