Semua Pengetahuan Ada Disini

Kesehatan

Cara Menghindari Virus Covid-19

korona

Cara Menghindari Virus Covid-19 – Nama penyakit ini yang sering kita dengar ada Korona, penyakit yang berasal awal dari Wuhan, Tiongkok. Tercatat sampai tanggal 30 maret 2020 telah menyebabkan sekitar 721,330 kasus secara global menelan lebih dari 33,956 korban jiwa dan 151,004 yang sudah sembuh. Tingkat penyebaran yang virus ini sangat cepat. Virus ini kini telah sampai di Indonesia. Di Indonesia virus ini sudah menyebabkan 1.285 kasus dan menyebabkan 114 orang meninggal karena tekena Virus covid-19 ini.

korona
Ilustrasi sanitizer terhadap corona
( https://pixabay.com/photos/coronavirus-virus-sanitizer-wash-4945416/ )

Wabah ini sangat berbahaya jika kita terinveksi. Wabah ini harus membuat kita selalu bersih. Oleh karena itu ada beberapa hal dasar yang perlu diketahui sebagai upaya mengurangi risiko penularan penyakit yang disebabkan oleh Covid-19. Apa saja itu?

Cara Menghindari Wabah Virus Covid-19

Ilustrasi cara penyebaran virus covid-19
( https://pixabay.com/illustrations/virus-corona-whiteboard-learn-4936809/ )

1. Hindari Berjabat Tangan

Hindari berjabat tangan, karena berjabat tangan bisa menularkan penyakit covid-19 ini. Kita bisa mengganti berjabat tangan ini dengan anggukan sopan dan senyum hangat. Tidak hanya itu kita bisa menggunakan lutut, kaki atau siku, untuk menekan tombol lift, membuka pintu, menekan tombol apa pun, menarik tuas hingga menandatangani sesuatu secara digital. Saat ini sebaiknya gunakan bagian tubuh lain selain telapak tangan.

2. Etika Batuk dan Gunakan Masker Saat Sakit

Kebanyakan orang salah mengira bahwa jika kita menggunakan masker meskipun dalam keadaan sehat merupakan cara yang efektif untuk mencegah penyebaran COVID-19. Faktanya, tidak demikian. Karena pemakaian masker akan lebih efektif dilakukan pada orang sakit dan tenaga kesehatan yang sering berkontak langsung dengan pasien yang terinfeksi. Selain itu juga, penggunaan masker akan lebih baik lagi, ketika digabungkan dengan kebiasaan mencuci tangan sesering mungkin. 

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menggunakan masker, yaitu:

  1. Kita harus mencuci tangan sebelum menggunakan masker.
  2. Kita harus menutupi mulut dan hidung agar tidak ada celah antara wajah dengan masker.
  3. Usahakan menghindari menyentuh masker saat menggunakannya.
  4. Mengganti masker dengan yang baru ketika terasa lembap.
  5. Melepas masker dari belakang tanpa menyentuh bagian depan.
  6. Membuangnya di tempat sampah tertutup dan segera cuci tangan.
  7. Terakhir jagan mengusap mata, hidung, mulut, dan wajah dengan tangan yang kotor.

Apabila masker tidak tersedia saat sakit, Anda dapat mengikuti etika batuk dengan benar, yaitu menutupi mulut ketika batuk atau bersin dengan tisu atau menggunakan lengan tangan. Ingat, etika batuk dan penggunaan masker saat sakit menjadi salah satu kunci penting dalam cara mencegah COVID-19. 

3. Membersihkan Handphone

Kita bisa menggunakan desinfektan untuk membersihkan ponsel. Ide lainnya, tidak sering-sering mengeluarkan ponsel dari saku. Semakin sedikit mengekspos ponsel ke permukaan, semakin sedikit pula risiko terpapar virus. Saat di luar rumah, Anda dapat menggunakan kain serbet untuk mengambil barang tertentu. Jika kain mikrofiber tidak membuat pikiran Anda tenang, Anda dapat menggunakan tisu desinfektan pada ponsel Anda

4. Menjauhkan barang yang rentan terekena virus

Virus Covid-19 ini dapat menempel pada permukaan, seperti jaket atau meja, hingga sembilan hari pada suhu kamar. Setelah itu, virus akan mati dan tidak lagi dapat menginfeksi seseorang.

Ilustrasi Mencuci Tangan
( https://pixabay.com/photos/wash-hands-soap-stay-at-home-health-4925790/ )

5. Mencuci tangan menggunakan sabun / alkhol

Salah satu cara mencegah penyakit COVID-19 adalah dengan mencuci tangan. Mencuci tangan ini menjadi salah satu kebiasaan sehat yang terlihat sederhana, tetapi ampuh untuk mengurangi risiko penularan infeksi virus. Hal ini dikarenakan tangan manusia dipenuhi dengan berbagai macam bakteri dan virus, terutama ketika berada di tempat yang ramai. Patogen yang tersebar dapat menempel di tangan dan lebih berisiko menularkan infeksi virus, seperti covid-19.

Selain itu, manusia juga lebih rentan tertular penyakit yang berasal dari sentuhan tangan pada barang atau percikan cairan orang yang terkena virus. Terlebih lagi, Anda mungkin tanpa sadar sering menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang belum dicuci. Padahal, ketiga indera tersebut dapat menjadi ‘gerbang utama’ dari virus dan bakteri masuk ke dalam tubuh. Maka itu, Anda disarankan untuk mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun ketika tangan dalam keadaan kotor. 

Apabila terlihat bersin, dianjurkan untuk mencucinya dengan menggunakan antiseptik dan lakukan 6 langkah cuci tangan selama 20-30 detik sebagai cara mencegah COVID-19. 

Demikianlah artikel tentang ” Cara Menghindari Virus Covid-19 ” Jika kalian merasa belum puas kalian bisa mengunjugi link ini halangrintang.com

Leave a Reply